Pelatihan Pengolahan Scrap Alumunium Sebagai Bahan Baku Komponen Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp

Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) bekerjasama dengan Direktorat Industri Logam Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian telah mengadakan pelatihan Pengolahan Scrap Alumunium Sebagai Bahan Baku Komponen Kendaraan Bermotor. Pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2020. Adapun peserta dari kalangan industri logam dan pengumpul scrap yang berasal dari Jakarta, Bekasi, Kerawang, Bandung, Sumedang serta Solo dengan jumlah 20 peserta.

Materi pelatihan yang diberikan teori dan praktek. Materi teori meliputi pengetahuan bahan, tungku peleburan, proses pemaduan dan standardisasi. Sedangan praktek, pembuatan ingot dari scrap alumunium,

Output dari pelatihan kepada peserta adalah peningkatan kemampuan teknik peleburan scrap alumunium dan peningkatan sumber daya material komponen kendaraan bermotor dalam negeri untuk subsitusi impor ingot.

Penutupan pelatihan oleh Direktur Industri Logam, Ir. Budi Susanto MT yang didampingi Plt. Kepala BBLM Ir. Enuh Rosdeni, M. Eng, sekaligus penyerahan sertifikat pada hari Jumat tanggal 23 Oktober 2020.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *