Konsinyering Balai Besar Logam dan Mesin Tahun 2014

Pada tanggal 24-25 April 2014 telah diselenggarakan Rapat Konsinyering Penyusunan Rencana Strategis Balai Besar Logam dan Mesin Tahun 2015 – 2019, dengan mengangkat tema Penajaman Arah Litbang dalam Mendukung Daya Saing Industri Logam dan Mesin.

Sebanyak 50 undangan dan narasumber dari kalangan pemerintahan, akademis dan asosiasi industri menghadiri acara yang diadakan di Hotel Grand Paradise Lembang Jawa Barat ini. Narasumber yang hadir adalah Dekan ITB, Kepala Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) Kementerian Perindustrian, Direktur ALSINTAN-Kementerian Pertanian, Direktur Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Direktur Krakatau Steel.

Para narasumber memberikan masukan agar kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) di BBLM di masa mendatang berjalan lebih kompak dan terarah. Disamping itu, hendaknya kegiatan litbang di BBLM mengacu pada Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Pada waktu yang sama, dilakukan pula sosialisasi UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

Berdasarkan masukan-masukan dari narasumber rapat konsinyering, kiranya perlu dilakukan penajaman arah litbang BBLM, penguatan kompetensi inti BBLM dan kompetensi SDM, sinergi layanan dan litbang dengan instansi luar (misalnya ITB, GIAMM, KS, dll.), pembentukan working group dan rencana Focus Discussion Group (FGD) bagi fungsional peneliti, diadakannya kerjasama dengan lembaga litbang eksternal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *