Kerjasama BBSPJILM dan Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) Kelas II Surabaya dalam Peningkatan Kapasitas Metalografi dan Material Logam

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Logam dan Mesin (BBSPJILM) bekerjasama dengan Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) Kelas II Surabaya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan telah mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas metalografi dan material logam sumber daya manusia (SDM). Kegiatan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 21 November sampai dengan 25 November 2022.
Materi kegiatan yang diberikan teori dan praktek. Materi teori meliputi pengantar material teknik, pengetahuan bahan logam ferro dan non ferro, unsur pemandu dan pengaruhnya, pengantar perlakuan panas, proses pengolahan bahan (pengolahan scrap dan perlakuan permukaan), pengujian material logam. Sedangan praktek, uji metalografi, uji mekanik dan proses pengolahan logam.

Output dari kegiatan adalah peningkatan kemampuan teknologi pengujian serta identifikasi komoditi logam pada sumber daya manusia (SDM) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khususnya yang bertugas di Balai Laboratorium Bea dan Cukai kelas II Surabaya Jawa Timur.

Penutupan kegiatan oleh Kepala BBSPJILM, Gunawan yang sekaligus penyerahan sertifikat pada hari Jumat tanggal 25 November 2022.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *