BIMTEK Pengujian Ketebalan dan Komposisi Lapisan Terhadap Logam Dasar dan Conductivity Pada Material Ferro dan Non Ferro Berdasarkan ISO 3497 dan ASTM E1004-17

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Logam (BBSPJILM) selaku lembaga pengujian dan sertifikasi di bawah Kementerian Perindustrian, bekerjasama dengan PT Fischer Instrumentation (S) Pte Ltd mengadakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pengujian Ketebalan dan Komposisi Lapisan Terhadap Logam Dasar dan Conductivity Pada Material Ferro dan Non Ferro Berdasarkan ISO 3497 dan ASTM E1004-17. Acara dilaksanakan secara daring dan luring yang dihadiri oleh para pelaku industri serta dari Internal BBSPJILM

Bapak Dr. Gunawan, S.Si., M.Eng selaku Kepala BBSPJILM membuka rangkaian acara ini serta menyatakan bahwa acara BIMTEK ini diadakan sebagai upaya dari manajemen guna meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam melakukan pengujian mengenai Penentuan massa per satuan luas dengan menggunakan sebuah ilmu dari massa jenis dari material lapisan sesuai dengan ISO 3497 dan prosedur untuk menentukan elektrikal konduktivitas dari logam non-magnetic menggunakan metode elektromagnetik (eddy-current) sesuai dengan ASTM E 1004-17 sehingga bisa meningkatkan jaminan mutu produk.

Rangkaian acara dimulai dengan pemaparan dari Ibu Winda Sri Jaman, ST., MT 9 selaku Penguji Mutu Barang Ahli Muda dari BBSPJILM, mengenai penjelasan secara umum jenis-jenis material serta Pengenalan SNI 4096, SNI 2053, SNI 0602, SNI 8760 dan pengenalan ISO 3497 dan ASTM E1004-17.

Dalam rangkaian acara yang yang berlangsung pada tanggal 16 Juni 2022 di Ruang Training BBSPJILM, turut juga dilaksanakan pemaparan oleh Bapak Samuel Eldwin, S.T., B.ENG & Yosafat Dedy Cahyadi dari PT Fischer Instrumentation (S) Pte. Ltd mengenai Teori Dasar Pengukuran Komposisi Material dan Ketebalan Lapisan, serta pemaparan tentang Teori Dasar Pengukuran Konduktivitas Menggunakan Metode Eddy Current.

Acara dilanjutkan dengan Pengenalan Pengukuran dan Demo menggunakan Alat dari Fischer Fisherscope XAN220 (SSD Detector dan DPP+) hingga ditutup dengan diskusi dan tanya jawab mengenai pemecahan Masalah yang Mungkin Terjadi dalam Pengukuran beserta solusinya.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *