Rapat “Komite Pengaman Ketidakberpihakan” di BBLM

  • Whatsapp

Balai Besar Logam dan Mesin menggelar kegiatan rapat Komite Pengaman Ketidakberpihakan pada 12 November 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Business Gathering dan Deseminasi Hasil Litbang. Rapat KPK adalah program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi BBLM sebagai pemenuhan persyaratan sebagai lembaga sertifikasi (Lembaga Sertifikasi Produk dan Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu).

Rapat KPK yang dilaksanakan pada 12 November 2019 ini dihadiri oleh akademisi dari Institut Teknologi Bandung, asosiasi pengusaha sepeda indonesia, asosiasi industri persepedaan indonesia, asosiasi produsen kompor gas indonesia, PT Tirta Pratama Meterindo, PT Pindad, PT Barindo Anggun Industri, dan Pusat Standarisasi Industri Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian. Kegiatan dipimpin dan dibuka oleh kepala Balai Besar Logam dan Mesin Ir. Enuh Rosdeni, M.Eng, dipandu oleh Agus Budiman ST., MT yang merupakan kepala Bidang Penilaian Kesesuaian sebagai moderator.

Dalam kegiatan ini, Mirantie Dwiharsanti ST., MT. yang juga kepala seksi sertifikasi mempresentasikan laporan kegiatan sertifikasi sejak 2017 hingga november 2019, dan menyampaikan rencana kegiatan pada sisa tahun 2019. presentasi yang disampaikan meliputi ruang lingkup sertifikasi, sumber daya sertifikasi (auditor, PPC, tim teknis dan tenaga ahli), jumlah pelanggan, kegiatan sertifikasi (sertifikasi awal, surveilans, dan resertifikasi), keputusan sertifikasi (pemberian sertifikat, keputusan melanjutkan, pembekuan, pencabutan, dan penghentian), dan bagaimana BBLM menjaga ketidakberpihakan.

Dari diskusi rapat komite diperoleh beberapa masukan diantaranya keinginan pelanggan untuk membuat nota kesepakatan dengan BBLM untuk kegiatan sertifikasi dan kalibrasi, saran agar lembaga sertifikasi BBLM mengembangkan sistem informasinya agar dapat memberikan informasi yang termutakhir kepada klien terkait progres pelaksanaan sertifikasi.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *