Kegiatan Diseminasi Pengembangan Usaha Industri Logam Melalui Desain Centre

  • Whatsapp

Tantangan dan Peluang Daya Saing Industri Logam dan Pembiayaan Alternative Prov. Jabar yaitu dengan meningkatkan daya saing industri. Adanya ketidakpastian estimasi harga dan waktu penyelesaian merupakan alasan utama terbentuknya desain center. Untuk mengakomodir daya saing industri logam dengan adanya penerapan industry 4.0 sangat dibutuhkan kreativitas yang tinggi dari para pelaku industri, kolaborasi dan kerjasama dengan stake holder terkait.

BBLM dapat berkontribusi dalam peningkatan industri logam dengan mengkomunikasikan fasilitas yang ada sebagai keiukutsertaannya berperan dalam layanan jasa, penelitian dan pengembangan, supervisi dan pelatihan untuk industri logam khususnya di Jawa Barat. Diharapkan dengan adanya BBLM dengan beragam fasilitasnya maka industri logam Jawa Barat dapat berkembang dan maju bersama-sama.

Urutan design process mendefinisikan setiap masalah dalam proses pemesinan sehingga output akan sesuai dengan target produksi. Market dan teknologi adalah hal penting untuk hasil akhir produksi. Design Center memberikan solusi secara teknik untuk mengantisipasi resiko, dapat me-reduce cost, mengefektifkan waktu produksi, dan meningkatkan kepercayaan produsen.

Perencanaan setiap daerah mempunyai komersialisasi produk logam yang akan didukung oleh desain center yang dipayungi oleh pemerintah daerah. Diharapkan daerah mampu untuk menfaatkan desain center dan fasilitasnya untuk kemajuan indsutri logam daerah. Misalkan untuk produk pertanian mempunyai beberapa hal yang bisa di komersialisasikan yaitu mesin dan peralatan, pabrik pengolahan, jasa asosiasi local, pasar dan distribusi, pariwisata, pameran dan publikasi learning center dan akademik. Kolaborasi Desain Center dengan Industri Logam dalam peningkatan sumber daya akan mempercepat kemajuan industri logam. (Puji.M.)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *